Ini penyebab Bayi Mama Terbangun Lalu Menangis Tengah Malam

  • Whatsapp
Ini penybebab Bayi Mama Terbangun Lalu Menangis Tengah Malam Mamalife

Umumnya Mama pasti bingung dikala bayi Mama sering sekali terbangun dari tidurnya lalu menangis tengah malam. Harus ganti popok atau lapar, dua alasan yang sering terjadi pada bayi ditengah malam.

Tetapi Mama sudah memberikan makan dan sudah mengganti popok bayi, tetapi bayi masih terbangun dari tidurnya lalu menangis. Kondisi tersebut dapat dipicu oleh beberapa faktor. Aktifitas tidur di malam hari merupakan hal primer dan utama untuk menjaga kesehatan tubuh baik balita maupun dewasa.

Terbangun dan menangis histeris di tengah malam umumnya terjadi pada usia balita. Mama jangan histeris maupun panik, apabila mama histeris dan panik dapat menyebabkan bayi akan semakin kencang tangisannya. Tenang dan redakan tangisannya secara perlahan, beri pelukan hangat disertai kasih sayang.

Mama juga harus mencari tahu apa penyebab bayi sudah terbangun dan menangis di malam hari. Mamalife merangkum dari berbagai sumber, mungkin bayi Mama mengalami salah satunya.

Fisik sedang tidak nyaman.

Mama terlalu dingin men set suhu AC kamar tidur bayi atau bahkan men set suhu AC terlalu panas. Hal tersebut menyebabkan ketidaknyamanan fisik bayi. Jangan mengabaikan kalau bayi kekenyangan juga bisa membuat dirinya tidak nyaman, lapar dan haus juga menyebabkan hal yang sama untuk bayi Mama.

Badan kaku akibat dari posisi tidur bayi yang terlalu lama bisa membuat bayi tidak nyaman. Mama harus mengubah posisi tidur bayi atau menggulingkan bayi ke posisi nyaman bayi dengan perlahan.

Bayi menangis karena mimpi buruk

Mama pasti pernah mengalami mimpi burung, jangan salah bayi maupun anak-anak juga merasakan mimpi buruk di tidurnya. Kenapa bayi suka mimpi buruk? Karena bayi merasakan cemas atau melihat dan mendengar sesuai yang menakutkan untuk bayi diwaktu tidur.

Baca Juga :  Efek Menggunakan Kipas Angin Untuk Ibu Hamil

Terlalu lelah atau kurang lelah

Anak terlalu aktif bermain di siang hari juga bisa membuat ketidaknyamanan pada anak pada saat harus beristirahat. Hal ini dikarenakan badannya yang sakit imbas dari terlalu banyak aktifitas di siang hari hingga anak merasa nyeri dan pegal.

Berikan pijatan ringan dan hangat kepada anak supaya rasa pegal dan nyeri berkurang dan menghilang.

Mama harus menetapkan rutinitas yang tepat bagi bayi hingga bayi mempunyai waktu beraktifitas yang cukup, bermain yang cukup hingga tidur yang cukup, semua harus Mama tentukan.

Bayi sedang memasuki tahap perkembangan baru

Berjalannya waktu, setiap bayi akan melewati tahapan perkembangan yang menarik, yang berbeda. Tahapan berguling-guling, duduk, merangkak serta bayi mengambil langkah pertamanya.

Sebagai contoh, bayi berhasil menarik diri, mengambil dukungan meja atau kursi namun di hari lain ia seolah belum pernah melakukan hal itu. Semua tahap perkembangan baru dapat menghubungkan otak bayi pada tingkat yang luar biasa yang menyebabkan tidurnya menjadi kurang tenang. Kegiatan yang menyenangkan juga dapat mengganggu tidurnya yang damai karena mereka terlalu bersemangat.

Itulah beberapa pemicu yang perlu diketahui orangtua ketika anak-anak mudah terbangun dan menangis histeris di malam hari.

Setiap bayi berbeda. Tidak ada satu solusi pasti yang sesuai untuk semua bayi, demikian juga dengan bayi Mama. Oleh karena itu,Mama perlu mencari tahu alasan dan solusi menjadi percobaan yang menantang.

Sebagai orangtua, Mama harus ekstra sabar jika tidur menjadi terganggu akibat tangisan si Kecil.

Jika bayi terus menerus terbangun dan menangis setelah Mama mencoba berbagai cara untuk mengatasinya, Mama dapat berkonsultasi dengan dokter untuk mencari penyebabnya.

Tetap semangat Mama!

Baca Juga :  Bayi Mama Sering Menangis Saat Pup? Kenapa Ya Ma?

pinit fg en rect red 28

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *