Masalah Pencernaan Yang Sering Dialami Oleh Si Kecil

  • Whatsapp
Masalah Pencernaan Yang Sering Dialami Oleh Si Kecil

Mama, ternyata gangguan pencernaan pada anak itu ngga cuma sembelit aja lho. Mama harus mulai memahami beberapa jenisnya, supaya penanganan nya lebih tepat jika sesuatu terjadi pada buat hati mama. Jangan dianggap remeh ya Ma, karena masalah pencernaan erat kaitannya dengan perkembangan otak anak.

Sembelit
9 dari 10 anak mengalami sembelit biasanya karena masalah fungsional misalnya kurang cairan, sering menahan pup, dan lain lain. Sembelit pada anak ditandai dengan mengejan sampai menangis, fesesnya kecil kecil dan keras, kadang feses keluar bercampur dengan darah.

Sembelit ini biasanya disebabkan oleh masa adaptasi MPASI, kurang cairan, alergi susu sapi, memberikan asupan serat yang terlalu banyak. Sembelit bisa diatasi dengan pijat ILU, atau mama bisa coba angkat kaki si kecil saat dia sedang mengejan untuk BAB.

Gumoh
Biasanya terjadi setelah proses menyusui dimana ASI atau susu yang diminum si kecil keluar lagi Volume gumoh biasanya 1-2 sdm. Si kecil tetap terlihat aktif, berat badannya pun tetap naik.

Kembung
Saat kembung perut si kecil bisa terlihat buncit, besar, suka menggeliat, atau terlihat seperti mengejan meski sedang tidak ingin pup. Kembung ini disebabkan karena fungsi pencernaan belum optimal. Perhatikan asupan makan Mama ya.

Kolik
Si kecil menangis lebih dari 3 jam sehari, bisa juga 3 hari dalam seminggu, bisa juga terjadi selama 3 minggu lebih Biasanya terjadi di waktu waktu tertentu, seperti malam hari
Timbul saat usia si kecil 6 minggu, dan berangsur menurun di usia 3-4 bulan Mama bisa membatasi konsumsi produk susu sapi dan menghindari makanan pedas selama menyusui.

Hindari juga overfeeding atau selalu menawari si kecil untuk minum susu saat sedang menangis. Temani / gendonglah si kecil agar membuatnya lebih nyaman

Baca Juga :  Ini penyebab Bayi Mama Terbangun Lalu Menangis Tengah Malam

Muntah
Saat si kecil muntah, isi lambungnya keluar dengan tekanan Konsultasikan ke dokter jika si kecil muntah berulang, muntah berwarna kuning/hijau. Muntah bisa juga disebabkan oleh refluks, alergi protein susu sapi, infeksi usus, dan lain-lain

Diare
Lebih dari 3 kali dalam sehari dan teksturnya pun cair. Penyebabnya bisa karena alergi susu sapi, pola makan Mama, kebersihan tangan Mama saat menyuapi si kecil makan, dan lain-lain.

Perhatikan tanda diare pada si kecil ya Ma, seperti mata cekung, lemas, ubun ubun cekung, frekuensi BAK berkurang, dan lain-lain

pinit fg en rect red 28

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *