Beras merah atau Beras Putih Mana Yang Lebih Baik Untuk MPASI?

  • Whatsapp
Beras merah atau beras putih Manayang lebih baik untuk MPASI Mamalife

Selain beras putih dan beras merah, ada beberapa jenis beras lainnya. Antara lain beras cokelat dan beras hitam.

Ada satu hal yang membuat beras merah disebut sebagai beras yang paling sehat, ini karena adanya kandungan antioksidan yang hanya dimiliki oleh beras merah.

“Nasi merah berbeda karena mengandung senyawa yang disebut anthocyanin. Kandungan ini biasa terdapat dalam blueberry dan buah atau sayuran berwarna merah keunguan lainnya. Fakta bahwa nasi merah mengandung anthocyanin merupakan hal yang positif, karena berarti mengandung lebih banyak nutrisi,” ahli diet Chloe McLeod, seperti dikutip dari Huffington Post.

Sumber karbohidrat untuk si kecil sangatlah beragam, mulai dari beras putih, beras merah, kentang, singkong, dan ubi. Beras putih dan beras merah adalah yang paling umum diolah.

Nah, berbicara tentang beras merah dan beras putih, di antara keduanya, manakah yang lebih baik untuk MPASI si Kecil?
Dua duanya sama baiknya kok Ma, hanya saja kandungannya yang berbeda. Dalam 100 gram beras merah mengandung 28 gram karbohidrat, sedangkan 100 gram beras putih mengandung 23 gram karbohidrat.

Beras merah mengandung serat sebanyak 1,8 gr per 100 gram sajian, yang mana jumlah tersebut empat kali lebih banyak dibandingkan beras putih.

Yuk, kita baca sejenak kandungan nutrisi lainnya dari beras merah!

1. Vitamin B1 yang terkandung pada beras merah membantu mencegah penyakit beri-beri pada bayi dan anak. Selain itu, vitamin B juga membantu pembentukan energi pada bayi.

Baca Juga :  Penuhi Kebutuhan Gizi Bayi Dengan Nasi Tim Tahu Brokoli

2. Vitamin B kompleks untuk perkembangan otak dan organ tubuh si kecil

3. Kulit ari beras merah juga mengandung banyak mineral yang membantu memenuhi kebutuhan tubuh bayi dalam pertumbuhan rambut, gigi, tulang dan otot bayi. Magnesium bermanfaat bagi pertumbuhan tulang.

4. Dikarenakan pencernaan si kecil belum sempurna, terkadang ia mengalami masalah pencernaan ketika mencoba makanan baru.
Beras merah mengandung banyak serat yang sangat baik membantu kesehatan pencernaannya sehingga si kecil dapat terhindar dari sembelit.

Dapat disimpulkan, beras merah memiliki kandungan mikronutrien dan serat yang lebih banyak daripada beras putih.

Lantas, apakah beras putih benar-benar tidak baik untuk si Kecil? Baik, kok! Mama tetap boleh memberikan beras putih untuk si kecil. Namun, jangan lupa untuk menambahkan sumber serat dan mikronutrien lainnya dari bahan makanan agar kebutuhan nutrisi hariannya bisa terpenuhi.

Kenapa ya beras merah seringkali dihindari?

Beras merah adalah bulir beras yang hanya mengalami pengelupasan lapisan kulit paling luar dan tidak mengalami proses penggilingan penuh seperti beras putih. Proses penggilingan yang panjang membuat beras putih lebih sedikit mengandung vitamin, mineral, asam lemak, dan juga serat dibandingkan beras merah padahal sebagian besar nutrisi terdapat di kulit beras.
Inilah yang menyebabkan teksturnya lebih kasar dan membuat seret ketika dimakan, dan seringkali dihindari para Mama, padahal secara gizi ia lebih unggul.

Supaya tetap nyaman saat dimakan si kecil, Mama bisa mengolahnya dengan trik ini :
1. Rendam beras merah terlebih dulu selama kurang lebih 1 jam sebelum mulai memasaknya.
2.Setelah direndam, jangan buang air rendamannya Mama, karena ada banyak nutrisi di dalamnya.
3. Masak beras merah menggunakan air rendaman tadi, lalu tambahkan air secukupnya untuk mencapai konsistensi yang Mama inginkan. Jika ingin nasi lebih lembek, Mama boleh tambahkan air lebih banyak.

Baca Juga :  Penuhi Kebutuhan Gizi Bayi Dengan Nasi Tim Tahu Brokoli
Beras merah yang dimasak harus dibuat menjadi bubur atau puree sebelum disajikan untuk si kecil.

Jika ingin memberikan si kecil MPASI dengan beras merah, boleh dicoba untuk menerapkan trik pengolahan diatas ya Mama. Selain si kecil bisa makan dengan nyaman dan nikmat, nutrisi yang ia dapat pun tetap terjaga demi tumbuh kembang yang optimal.

Eits, meskipun memiliki berbagai manfaat, MPASI menggunakan beras merah juga memiliki risiko alergi karena mengandung arsenik. Jadi, sebelum mulai memberikannya pada si kecil jangan lupa untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter ya Mama, karena setiap bayi kondisinya berbeda beda, supaya terhindar dari resiko dan si kecil pun tidak trauma saat MPASI. Tetap semangat berikan yang terbaik ya Mama!

pinit fg en rect red 28

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *