Perbedaan Pola Asuh Papa Mama dan Kakek Nenek

  • Whatsapp
Perbedaan Pola Asuh Papa Mama dan Kakek Nenek

Perbedaan pola asuh ini sering banget terjadi. Terkadang kita sebagai orangtua lebih disiplin dalam membuat batasan, sedangkan kakek nenek nya lebih sering membuat kompromi.

Parenting anak atau pola asuh anak terbaik tentu saja bersama orang tua. Sayangnya sejumlah kondisi menyebabkan banyak pasangan menitipkan sementara anak-anak mereka yang masih kecil kepada orang tua atau mertua. Alasan terbanyak karena suami istri sama-sama bekerja mencari nafkah keluarga.

Pengasuhan anak yang dilakukan oleh kakek dan nenek semakin banyak terjadi di masyarakat, sehingga muncul beberapa masalah dalam proses pengasuhan tersebut. Artikel ini ingin melengkapi penelitian-penelitian sebelumnya dengan melihat adanya masalah jarak antar generasi kakek-nenek dengan cucunya.
Fokus yang diambil adalah pola asuh kakek-nenek yang dipengaruhi jarak antar generasi sehingga berdampak pada sifat dan prestasi anak.

Analisa dilakukan dengan menggunakan perspektif struktural fungsional.Menggunakan metode kualitatif hasil temuan menunjukkan bahwa masalah jarak antar generasi menghasilkan dua kecenderungan pola asuh yang diterapkan kakek-nenek, yaitu pola asuh permisif dan pola asuh di antara permisif dengan otoriter. Dua pola asuh tersebut cenderung berdampak negatif pada sifat anak, yaitu suka berbohong dan pemalas.

Namun ada perbedaan pada kemandirian anak, dimana pola asuh otoriter menghasilkan anak yang mandiri sedangkan pola asuh permisif sebaliknya. Selain itu, kedua pola asuh kakek-nenek berdampak negatif bagi prestasi anak di sekolah.

pinit fg en rect red 28

Baca Juga :  Cara Toddler Bilang "I love you"

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *